Pages

Minggu, 27 Januari 2019

Awas, Jangan Makan Mentah Mentah Bahan Makanan Ini

Awas, Jangan Makan Mentah Mentah Bahan Makanan Ini.- Kita sudah tahu mengonsumsi daging mentah berisiko terpapar bakteri salmonella. Sehingga sebelum mengonsumsi daging, perlu benar-benar dimasak. Sementara, untuk sayuran serta beberapa hasil kebun lain, sebagian ada yang bisa dimakan mentah dan sebagian lainnya tidak.

Saat masih mentah, dalam makanan tersebut mengandung racun alami yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Lalu, bisa juga ada bakteri-bakteri yang masih hidup bila tidak diolah.

Nah, berikut lima makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi mentah seperti mengutip Prevention, Jumat (27/1/2017).

  • Kentang
Sebelum dikonsumsi, sebaiknya kentang diolah terlebih dahulu--bisa digoreng atau dikukus. Jika kentang mentah langsung dimakan bisa membuat aneka masalah di perut Anda."Pati pada kentang mentah memicu masalah pencernaan, kembung, dan ada banyak gas di perut," kata pakar nutrisi Ashvini Mashru.

  • Kecambah
Kecambah mentah berpotensi mengandung bakteria mengandung berbahaya seperti salmonella, E. coli, dan listeria seperti disarankan pakar nutrisi, Lisa Cohn.
"Kecambah harus dibeli segar dan saya merekomendasikan anak-anak, ibu hamil, orang tua dan mereka yang memiliki imunitas tubuh rendah menghindarinya," kata Lisa lagi.
Jika Anda tidak termasuk dalam kategori di atas, cuci bersih kecambah. Lalu, bilas menggunakan air panas.

  • Kacang merah
Kacang merah kaya akan nutrisi, tapi jangan dikonsumsi mentah ya. "Mengonsumsi kacang merah mentah menyebabkan mual ekstrim, muntah, dan diare. Hal ini terjadi karena kandungan lektin di dalam kacang merah mentah," kata ahli gizi Jennifer Christman.

  • Madu mentah
Madu mentah kini bisa didapatkan dengan mudah, tapi jangan berikan kepada anak-anak seperti disarankan Cohn.
"Ketika mengonsumsi madu mentah tanpa pasteurisasi, itu mungkin mengandung graynotoxin, kandungan di dalam nektar," kata Cohn.
Lebih lanjut, Cohn memaparkan graynotoxin tidak akan mematikan bagi manusia, tapi bisa membuat pusing dan hipotensi.

  • Susu
Susu mentah tanpa pengolahan pernah menjadi tren. Namun ada baiknya untuk mengolah susu sebelum dikonsumsi. Salah satunya dengan pasteurisasi yang akan memamanaskan hingga 71 derajat Celcius kurang dari 15 detik. Proses ini akan mematikan bakteri seperti salmonella, E. coli, dan listeria.
Lalu, ada juga sebagian orang yang sensitif dengan sayuran mentah seperti kembang kol, kale, brokoli, dan kubis.
"Sayuran tersebut mengandung gula yang susah dicerna oleh tubuh. Oleh karena itu perlu dimasak agar lebih mudah dicerna," kata Mashru

Itulah bahan makanan yang tidak boleh dimakan mentah mentah, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar