Senin, 01 Mei 2017

Awas ! Terlalu Banyak Protein Hewani Bisa Berbahaya Bagi Hati

Awas ! Terlalu Banyak Protein Hewani Bisa Berbahaya Bagi Hati.- Protein merupakan salah satu komponen penting bagi tubuh yang didapatkan dari makanan, baik dari hewan maupun tumbuhan. 

Namun sebaiknya mengonsumsi protein hewani sewajarnya saja. Jika mengonsumsi protein hewani berlebihan bisa meningkatkan risiko hati berlemak, terutama pada orang tua yang memiliki berat badan berlebih.

Fakta ini dikemukakan dalam International Liver Congress di Amsterdam, Belanda baru-baru ini. Peneliti melakukan analisis kesehatan dan asupan makan terhadap 3.400 orang usia 70 tahun ke atas di negara tersebut. Sekitar 70 persen diantaranya tergolong memiliki berat badan berlebih.

Hasilnya, orang tua dengan berat badan berlebih yang sekitar 37 persen asupan kalorinya berasal dari protein cenderung memiliki kondisi hati berlemak dibandingkan orang-orang yang memiliki berat badan normal.

"Hasil riset ini menunjukkan asupan protein hewani berlebih memiliki hubungan dengan terjadinya kondisi hati berlemak pada orang tua dengan berat badan berlebih," kata salah satu peneliti Louise Alferink dari Erasmus Medical Centre Rotterdam seperti mengutip Time, Senin (1/5/2017).

Banyak orang tidak mengetahui, kehadiran lemak terlalu banyak di hati bisa memicu kanker hati serta mengembangkan penyakit kronik lain seperti diabetes dan kardiovaskular. Peneliti merekomendasikan bagi orang dengan risiko atau sudah mengalami kondisi hati berlemak untuk mendapatkan asupan protein dari tumbuhan seperti kacang tanah, kacang, produk kedelai, bayam dan brokoli.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga informasi yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda.

Load disqus comments

0 komentar